Pelatihan Teori & Praktik Komputer Untuk Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA), Kecamatan Bojong Soang, Kabupaten Bandung

Pelatihan Teori & Praktik Komputer Untuk Ikatan Guru Raudhatul Athfal (IGRA), Kecamatan Bojong Soang, Kabupaten Bandung

[:en]

Lembaga IGRA atau kepanjangannya Ikatan Guru RA, merupakan badan yang penting guna mengontrol aktifitas Raudatul athfal (disingkat RA). Raudatul athfal (disingkat RA) merupakan pendidikan formal bagi anak usia dini  yang berusia antara 3 s.d 6 tahun. RA merupakan jenjang Pendidikan yang setara taman kanak-kanak (TK), namun pengawasannya  di bawah Kementerian Agama. Perkembangan Raudhatul Athfal sebagai lembaga pendidikan anak usia dini berbasis Islam cukup baik. Menurut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bandung Drs. H. Imron Rosyadi, jumlah lembaga IGRA di Kabupaten Bandung telah mencapai 710 buah dengan jumlah santri/santriawan sekitar 26.000 orang (http://www.bandungkab.go.id/arsip/cintai-produk-bangsa-sendiri-sejak-anak-anak).

Pemerintah memberikan perhatian yang besar terhadap lembaga-lembaga pendidikan anak usia dini di Indonesia, salah satunya adalah Raudhatul Athfal. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 16 tahun 2007 tanggal 4 mei 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru menjelaskan bahwa kualifikasi akademik Guru pada PAUD/TK/RA harus memiliki pendidikan minimum diploma empat (D-IV) atau sarjana (S1) dalam bidang pendidikan anak usia dini atau psikologi yang diperoleh dari program studi yang terakreditasi. Pada tahun 2012 setiap guru PAUD/TK/RA harus telah memiliki sertifikat pendidik.

Selain itu, Guru RA pun harus belajar menguasai teknologi. Penguasaan  teknologi secara tidak langsung dapat meningkatkan kualitas pengajaran. Adanya penguasaan teknologi dapat membantu menarik minat anak-anak untuk belajar. Oleh sebab itu. Universitas Telkom sebagai perguruan tinggi yang berada dekat dengan Persatuan IGRA ingin membantu meningkatkan pengetahuan Guru-Guru RA yang tergabung dalam IGRA terkait penggunaan IT yang dapat digunakan tidak hanya untuk menyampaikan materi kepada anak-anak supaya lebih menarik, namun juga bisa membantu pekerjaan Guru-Guru yang sifatnya administrative.

[:]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *