Workshop Pola Pikir Kreatif dengan Augmented Reality

Workshop Pola Pikir Kreatif dengan Augmented Reality

 

 

Minggu, 8 November 2020, dosen Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Telkom mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema Workshop Pola Pikir Kreatif menggunakan Augmented Reality bagi anak-anak binaan di Rumah Yatim dan Dhuafa Baitussalaam, Bandung. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai salah satu bentuk perwujudan tri-dharma perguruan tinggi dosen Universitas Telkom. Dosen yang turut serta dalam kegiatan ini adalah Ibu Erni Martini, Ibu Ratih Hendayani, dan Ibu Indira Rachmawati yang merupakan dosen-dosen pengajar di Universitas Telkom.

Kegiatan ini dihadiri oleh 16 orang peserta dari anak-anak binaan yang tinggal di rumah yatim beserta pembina panti, juga panitia acara. Kegiatan bertema pola pikir kreatif ini merupakan kegiatan yang diinisiasi dari kebutuhan akan pembelajaran yang interaktif di tengah pandemik Covid-19 yang mengharuskan kegiatan belajar mengajar dilakukan di rumah. Selain itu, kebutuhan anak-anak untuk bisa memaksimalkan perangkat ponsel mereka untuk pembelajaran juga menjadi pekerjaan rumah bagi orang tua, wali, dan guru untuk selalu mencari metode pembelaran mandiri yang menyenangkan dan menambah wawasan.

Salah satu metode yang dapat dimaksimalkan saat ini adalah dengan buku berteknologi Augmented Reality yang dapat digunakan baik untuk pembelajaran maupun untuk permainan dan lebih disukai anak-anak karena sifatnya yang interaktif. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dikemas menjadi workshop mendapat respon yang positif dari peserta dan mereka mengharapkan bahwa kegiatan serupa dapat dilakukan kembali di masa depan dengan materi lain terkait pemanfaatan ICT dalam kehidupan sehari-hari/(EMI).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *